Tuesday, August 25, 2009

10 Makanan Pembakar Lemak

 Jika ingin menyantap makanan sehat untuk berbuka puasa, khususnya yang tidak membuat lemak makin menimbun dalam tubuh, Anda wajib melirik beberapa makanan di bawah ini. 1. Air putih! Ini memang bukan makanan. Tapi air adalah penekan lapar alami. Air terdapat lebih dari 80% di otak dan darah Anda.
Dan sangat penting fungsinya bagi kesehatan. Penelitian telah membuktikan bahwa air dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Para peneliti di Jerman menemukan, para pengikut diet dapat mempercepat metabolisme tubuh sebanyak 30% dengan hanya meminum 17 ounces air putih. Jadi, minum juga akan mengurangi rasa lapar.

2. Teh hijau. Kafein dapat mempercepat metabolisme tubuh. Yang paling baik adalah kafein yang berasal dari teh. Ternyata teh hijau sangat baik meningkatkan metabolisme, tapi tidak memberi rangsangan pada tubuh. Minuman ini juga mengandung antioksidan yang bisa mengusir kanker dan menjauhkan penyakit jantung.

3. Sayuran pembuka. Sebagai pembuka hidangan, konsumsilah sayur sebanyak-banyaknya. Inilah cara terbaik untuk mengendalikan nafsu makan Anda selama seharian penuh. Serat juga akan membantu mengurangi kalori dan menurunkan berat badan tanpa merasa lapar.

4. Susu nonfat. Susu rendah lemah atau yoghurt dan keju penting untuk menurunkan berat badan. Kalau Anda alergi terhadap produk susu, beli saja produk yang telah ditambah kalsium dan vitamin D seperti tahu atau susu kedele. Ingat, jangan mengonsumsinya dengan banyak gula!

5. Sup sedap. Sup bukan saja dijadikan sebagai pembuka makanan, tapi juga sebagai cemilan (makanan ringan). Menurut penelitian di Penn State University, para pendiet yang makan sup sebelum makan siang dapat menurunkan 100 kalori per hari. Sup yang terbaik ialah kaldu atau sup tomat, bukan sup krim. Karena sup krim kalorinya lebih tinggi.

6. Pilih yang Putih. Pilihlah beras merah atau gandum dengan sedikit proses (bukan roti putih, pasta putih atau nasi putih). Makanan ini banyak mengandung serat. Perut kita akan terasa cepat kenyang sekaligus mempercepat metabolisme tubuh. Serat lebih sulit dihancurkan sehingga metabolisme tubuh bertahan lebih lama.

7. Protein murni! Coba makan dada ayam (tanpa kulit dan pilih ayam panggang yang tidak banyak lemak). Mengonsumsi protein akan menghilangkan lemak dan membangun otot Anda.

8. Havermut. Sarapan havermut setiap pagi ternyata baik untuk kesehatan. Serat havermut termasuk karbohidrat yang baik dikonsumsi, menurunkan kolesterol dan memberikan rasa kenyang. Tapi jangan yang "instant."

9. Buah segar dan sayuran. Serat yang larut air berasal dari buah dan sayuran ditambah isi airnya menjadikan kedua makanan ini sebagai pelarut lemak yang baik. Makanlah sayur yang banyak dan turunkan kalori Anda.

10. Jeruk Bali. Jeruk yang banyak mengandung vitamin C ini efektif menurunkan tingkat insulin dan berat badan Anda. (vivanews)

0 comments: