Friday, August 28, 2009

Pasang Status di Facebook Jadi Target "Maling"

 Pengguna situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter harus ekstra hati-hati mencatumkan berbagai informasi pada akun mereka. Pasalnya pencuri dapat dengan mudah menelusuri posisi Anda untuk menyusun rencana merampok rumah Anda. Jutaan pengguna Facebook...

Dan Twitter memposting berbagai detail informasi mengenai rumah mereka dan rencana pergi berlibur. Alhasil, informasi tersebut seolah menjadi undangan bagi para perampok untuk 'berkunjung' ke rumah si pemilik akun situs jejaring yang tengah pergi berlibur.

Laporan dari sebuah lembaga bernama Digital Criminal menyebutkan, para pelaku kejahatan memanfaatkan detail informasi tersebut untuk mencari waktu dan ancar-ancar yang tepat untuk merampok.

Digital Criminal telah melakukan poling terhadap sekira 2.000 pengguna situs jejaring sosial dan menemukan, dua dari lima pengguna Facebook mencantumkan detail rencana berlibur mereka. Di antara mereka, hampir dua pertiganya terdiri dari pengguna berusia 16 hingga 24 tahun.

"Oleh karenanya, tak heran jika kini banyak perampok memanfaatkan situs jejaring untuk menemukan mangsa," kata presenter acara Beat The Burglar, Michael Fraser. Fraser menambahkan, para pencuri semakin percaya diri karena mereka telah mempelajari situasi rumah dan barang-barang apa yang akan mereka curi. (okezone)

0 comments: