Saturday, May 8, 2010

Trik Agar Terlihat Pintar

Anda tentu tak mau dipandang sebelah mata, dianggap tak tahu apa-apa oleh atasan dan rekan senior di kantor. Makanya, berhati-hatilah dalam berbicara dan bersikap ketika berkomunikasi dengan mereka. Tapi tenang, langkah-langkah ini dapat membuat Anda terlihat cerdas dan mengubah persepsi mereka tentang Anda.

Don’t Say This
Hindari mengatakan kalimat terlarang berkut ini:
- "Saya tidak tahu”. Anda akan terlihat tak pintar dan tidak ada motivasi. Sebaiknya katakan, ”Saya tidak tahu, tapi saya bisa mencari tahu untuk Anda.” Meski intinya sama, kalimat ini mengesankan Anda orang positif dan punya kemauan untuk mencari.

- “Saya kecewa.” Kalimat ini terdengar kekanakan. Mengapa tidak katakan,”Saya akan berpikir keras mencari jalan ke luarnya.” Anda akan terdengar lebih pintar dan asertif, meski saat itu belum tahu jawabannya.

- “Saya tidak yakin yang saya lakukan ini benar, tapi.....” Kalimat ini menunjukkan Anda peragu dan tak percaya diri. Jika Anda sendiri saja tak yakin, bagaimana bisa meyakinkan orang lain? Katakan saja, “Kalau merujuk dari informasi yang saya dapat, seharusnya yang saya lakukan ini benar.” Di mata lawan bicara, kalimat ini menunjukkan Anda optimis dan percaya diri.

Dengar dan Bertanya
Terkadang, diam malah menyiratkan Anda tak menyimak dan mengerti. Orang pintar biasanya mengajukan banyak pertanyaan. Ketika terlibat suatu pembicaraan, aktiflah bertanya, meski pertanyaan itu terdengar sepele. Orang bertanya mengindikasikan dia berpikir. Asal, pertanyaan Anda tak menyimpang dari topik.

Hai, Selamat Pagi
Datanglah ke kantor dengan wajah cerah dan sapa dengan ramah tiap orang di kantor. Anda akan terlihat punya kemampuan sosialisasi tinggi. Image Anda pun terdongkrak. Mereka akan memandang Anda sebagai orang yang percaya diri dan ramah.

Bergaul dengan orang Pintar
Jangan hanya duduk di belakang meja dan sibuk mengerjakan pekerjaan. Keluarlah dari zona Anda. Perluas pergaulan di kantor. Bertemanlah dengan orang-orang menyenangkan dan pintar. Anda bisa belajar banyak dari mereka.

Posisi Menentukan Reputasi
Saat rapat atau seminar, jangan duduk di deretan belakang, karena terkesan Anda takut ditanyai. Pilihlah deretan depan, kalau perlu saat rapat dudulah berdekatan dengan atasan. Anda akan dinilai sebagai orang yang antusias dan percaya diri.

Tegakkan Kepala
Rasa percaya diri merupakan modal untuk terlihat pintar. Mampu berjalan tegak dan tatapan mata meyakinkan akan tampak terlihat menarik dan cerdas, daripada mereka yang selalu berjalan menunduk dan pandangan mata malu-malu.

Punya Perhatian
Cobalah aktif di organisasi sosial, ikutlah kampanye lingkungan hidup, jadilah relawan di tempat-tempat bencana. Mereka yang peduli pada sesama, memberikan perhatian pada orang-orang di sekeliling dan lingkungan, selalu tampak menarik.

Ayo Optimis
Apa pun pekerjaan Anda, lakukan dengan optimis. Orang yang selalu optimis dan bergairah dalam hidupnya, tak mudah menyerah apalagi frustrasi. Gairah dan semangat yang menyala akan membuat mata Anda tampak berkilau

0 comments: