Wednesday, October 17, 2012

Arti Kata ‘Ciyus’ dan ‘Miapah’


Penggunaan tren bahasa gaul yang dinamis mengikuti perkembangan jaman kembali menghadirkan bahasa slang baru yang terdengar seperti celotehan bayi yang baru belajar bicara.


Bahasa gaul atau prokem sejatinya telah ada di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Merebaknya tren penggunaan bahasa ini telah ada sejak puluhan tahun lalu. Kurun waktu dan unsur kelokalan bisa menjadi pembeda dan memicu munculnya kosakata baru. Melalui media film, bahasa slang kemudian bisa menasional penggunaannya. Sejarah mencatat, film “Si Doel Anak Betawi” yang diperankan oleh Benyamin S menjadi salah contoh film yang menyisipkan beberapa bahasa prokem dalam dialognya. Pun “Catatan Si Boy” yang muncul di dekade tahun 1980-an.

Jaman berubah, kosakata pun berubah. Setiap generasi seperti ingin menciptakan bahasa slang-nya sendiri. Kali ini, muncul lagi tren penggunaan kata-kata semisal “ciyus” dan “miapah” di linimasa sejak beberapa hari lalu yang meninggalkan kebingungan tersendiri bagi beberapa pengicau. Tidak heran jika kemudian timbul banyak pertanyaan mengenai apa arti dari dua kata tersebut yang selintas lebih terdengar seperti bayi yang baru belajar berbicara ketimbang imut-imut.


Berikut beberapa istilah bahasa ciyus miapah :

0 comments: