Tuesday, July 16, 2013

Sumber Lemak Yang Membuat Perut Buncit


 

Lemak di perut adalah masalah bagi setiap orang. Apalagi bila lemak sudah semakin banyak dan akhirnya membuat perut buncit. Bagi pria, memiliki perut buncit memang masalah, tetapi bagi wanita, perut buncit adalah mimpi buruk yang harus segera diakhiri. Segala macam cara dilakukan untuk menghilangkan sumber lemak yang mengakibatkan perut buncit. Mulai dari olahraga sampai mengkonsumsi obat-obatan. Ada yang berhasil, namun tak sedikit pula yang harus dibuat pusing karena lemak tak kunjung hilang. Sebenarnya, apa yang menjadi sumber lemak di perut dan bagaimana cara mengatasinya?
Sumber Lemak Perut
Lemak di perut adalah akumulasi dari hasil gaya hidup tidak sehat, lebih tepatnya adalah tidak dapat mengontrol nafsu makan sehingga makan terlalu banyak dan tidak mengimbangi dengan olahraga. Hasilnya adalah ukuran pinggang menjadi lebih besar, mengganggu penampilan Anda dan bila terus dibiarkan bisa memicu obesitas.

Alasan untuk menghilangkan sumber lemak di perut bukan hanya sekadar karena ingin mendapatkan penampilan atau bentuk tubuh yang ideal, yang lebih penting adalah resiko kesehatannya. Orang yang memiliki perut buncit beresiko mengalami darah tinggi, penyakit jantung, gula bahkan alzheimer.
Sangat penting  untuk mengetahui alasan menumpuknya lemak di bagian perut agar Anda lebih waspada dan bisa melakukan perubahan pada diri sendiri:
  1. Gaya Hidup. Penyebab pertama penumpukan lemak adalah gaya hidup. Memelihara gaya hidup yang tidak sehat sama saja dengan membuka peluang untuk mati muda. Ubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan banyak bergerak dan berolahraga. Batasi kegiatan yang tidak membuat tubuh Anda bergerak misalnya, nonton TV atau menggunakan komputer berjam-jam.
  2. Makan berlebihan. Makan berlebihan membuat lemak di perut bertambah dengan cepat, memicu kenaikan berat badan dan membuat ukuran pinggang menjadi lebih besar. Prinsipnya sederhana, Anda mengkonsumsi banyak kalori tetapi tidak membakarnya. Inilah yang memunculkan lemak di perut.
  3. Terlalu Banyak Gula. Waspadalah pada konsumsi gula terutama gula sederhana yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Gula halus mengandung karbohidrat sederhana yang dapat menyebabkan lemak perut. Jenis makanan ini padat energi. Contohnya minuman berkarbonasi, es teh, kopi, gula, minuman energi dan permen.
  4. Lemak Trans. Makanan yang mengandung lemak trans adalah sumber lemak perut karena mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Jenis makanan yang digoreng dan dipanggang biasanya banyak mengandung lemak trans seperti kerupuk, dan jenis kue seperti pie, donat, cupcakes. Makanan olahan dan makanan cepat saji juga termasuk makanan tinggi lemak trans.
  5. Lemak Jenuh. Makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi menyebabkan kenaikan berat badan di sekitar perut. Lemak jenuh berasal dari produk hewani seperti daging sapi, ayam dan daging unggas. Dalam 3 ons daging mengandung 24 gram lemak jenuh. Sumber lemak jenuh yang tinggi ada di produk daging olahan seperti sosis dan dendeng. Selain itu, lemak jenuh juga terdapat pada ginjal, hati , jantung dan limpa.
  6. Stres. Tahukah Anda bahwa stres dapat menjadi pemicu kenaikan berat badan? Penelitian medis menyebutkan bahwa dalam merespon stres, tubuh akan menghasilkan banyak hormon. Salah satunya adalah kortisol . Hormon kortisol menimbulkan rasa untuk mencari makanan berkalori tinggi seperti es krim untuk mengatasi rasa stres tersebut.
Menghilangkan Sumber Lemak Perut

Dengan menggabungkan keenam cara berikut ini, Anda dapat menghilangkan lemak perut dengan mudah:
  1. Tidur. Tidur 7 jam di malam hari adalah cara terbaik untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Bila Anda suka tidur larut malam, ada kemungkinan untuk makan lebih banyak, timbuk keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang manis dan mengandung gula. Kehilangan waktu tidur mengubah produksi hormon, mempengaruhi tingkat korisol yang menyebabkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin adalah alasan utama lemak perut.
  2. Latihan. melakukan sit up akan membuat otot perut kuat, Namun dengan gumpalan lemak di perut Anda, hasilnya mungkin tidak seperti yang diharapkan. Lakukanlah latihan yang melatih otot dan sistem kardiovaskular. Cobalah gerakan plank. Tubuh berada dalam posisi push-up. Letakkan kedua lengan di atas lantai. Tahan selama 30 detik. Ulangi kembali 3 sampai 4 kali. Bangun dan mulailah hari dengan berjalan.
  3. Gula adalah musuh. Berjuang menghilangkan lemak perut 80% adalah diet sehat. Mengurangi kalori dengan mengisi tubuh dengan protein, sayuran, biji-bijian dan mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat.  Ganti makanan dan minuman yang mengandung gula dengan alternative yang lebih sehat. Taburi bubuk kayu manis dalam kopi atau oatmeal Anda terbukti menstabilkan gula darah.
  4. Vitamin C. Fungsi vitamin C adalah menyeimbangkan produksi hormon kortisol dan merupakan obat terbaik melawan flu. Vitamin C juga penting untuk menghasilkan Karnitin. Suatu senyawa yang digunakan tubuh untuk mengubah sumber lemak menjadi bahan bakar.  Sumber vitamin C adalah paprika, buah kiwi jeruk dan masih banyak lagi.
  5. Konsumsi Lemak. Dibutuhkan lemak untuk membakar lemak. Konsumsi lemak baik yang kaya akan omega 3 seperti ikan salmon, alpukat dan kenari. Jenis makanan ini penuh nutrisi yang memberikan rasa kenyang sepanjang hari.
  6. Bernafas dengan perlahan. Ini adalah cara yang sederhana. Tiap kali Anda merasa gelisah dan tegang, ambil nafas dalam-dalam dan mulailah bernafas dengan perlahan. Rasakan udara masuk kedalam tubuh, rasakan perut Anda ikut bergerak perlahan. Latihan ini memang sederhana tapi sangat efektif. sumber

0 comments: