Thursday, October 17, 2013

10 Asupan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Flu


Virus flu terus bermutasi dengan sedikit perubahan dalam struktur DNA seseorang. Hal ini membuat hampir tidak mungkin bagi tubuh terus mengembangkan kekebalan terhadap virus yang satu ini.

Ketika seseorang terkena pilek dan flu, tubuh akan merespon dengan membuat antibodi untuk melawan virus partikel yang menyerang.

Pembentukan antibodi ini bisa dipercepat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat. Apa saja makanan itu?

ROLers, berikut 10 makanan yang sebaiknya anda konsumsi ketika flu, dilansir dari Symptomfind, Jumat (6/9).

1. Air Putih
Minum banyak air sangat penting jika anda menderita flu. Selain menjaga anda terhindar dari dehidrasi, air putih membantu melonggarkan kemacetan lendir dan sekresi tipis, sehingga lebih mudah bagi anda untuk mengihlangkan lendir dari tubuh Anda.

Air putih adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada minuman berkafein yang memiliki efek diuretik dan dapat menyebabkan dehidrasi. Air putih juga lebih baik dibandingkan jus manis yang dapat menghambat kemampuan tubuh anda untuk melawan virus .

2. Es loli (Ice pops)
Selain air putih, es loli atau ice pops juga memiliki efek yang dapat menenangkan tenggorokan. Flu biasanya akan menyerang saraf-saraf di tenggorokan anda. Es loli juga berfungsi untuk membantu anda meringankan reflek tersedak yang kadang-kadang terjadi di wilayah sekitar flu akibat keberadaan lendir.

Tapi ingat, tidak semua merek es loli diciptakan sama. Anda sebaiknya menjauhi merek es loli yang mengandung dosis gula tinggi atau diisi dengan pemanis buatan. Pilihlah es loli dengan merek alami dan 100 persen berasal dari jus buah.

3. Teh panas
Teh panas mungkin lebih efektif dalam menipiskan sekresi lendir, terutama yang memenuhi rongga sinus. Minum secangkir teh memiliki efek pemanasan instan, yang dapat membantu menenangkan tubuh anda yang menggigil karena flu.

Polifenol dalam teh yang dikenal juga dengan nama antioksidan dapat membantu meningkatkan daya tahan sistem kekebalan tubuh anda. Teh yang sebaiknya anda konsumsi disaat flu adalah teh hijau (green tea), teh hitam (black tea) dan teh herbal. 


4. Sup ayam
Kebiasaan orang-orang tua terdahulu mengonsumsi banyak makanan yang masih hangat dan panas ternyata memang terbukti. Kuah panas sekalipun memiliki efek positif yang sama, seperti air putih panas atau teh panas, ketika anda terkena flu.

Ayam sendiri mungkin memiliki efek anti inflamasi pada tubuh, membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada hidung dan sinus bagian dalam.

Sayuran yang sering ditambahkan ke dalam sup kaldu ayam mengandung banyak antioksidan dan fitokimia yang mempercepat proses pemulihan tubuh anda.

5. Jus sayur
Cara lain untuk tetap terhidrasi adalah memilih sayur-sayur segar. Tidak seperti jus buah, jus sayuran umumnya rendah gula. Minum jus sayuran memungkinkan anda mengonsumsi semua kebaikan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

6. Bawang putih
Bawang putih ini penuh dengan antioksidan. Bawang putih merupakan agen antibakteri dan antivirus terkuat yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada orang yang menderita flu.

Bawang putih yang pedas dan beraroma mungkin tidak terasa begitu besar, tetapi memiliki kekuatan untuk menghancurkan mikroba, serta mengurangi rasa sakit karena hidung tersumbat.

7. Ayam atau unggas
Ayam dan unggas lainnya adalah sumber protein yang ramping. Mengonsumsi protein ketika anda flu bisa memberikan tubuh anda energi yang dibutuhkan untuk melawan penyakit.

Meskipun tubuh anda kuat dan dapat mencegah sebagian besar penyakit tanpa bantuan apapun, dorongan protein setidaknya bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pemulihan.


8. Pisang
Ketika anda mulai membaik, pisang dapat memudahkan anda dalam masa transisi. Pisang berfungsi menyesuaikan kembali selera makan anda tanpa menimbulkan rasa mual dan kembung setelah sebelumnya mungkin ada tidak memiliki selera makan saat flu.

Pisang tinggi akan kalium yang meringankan nyeri otot dan kram, termasuk gejala flu.

9. Jahe
Sebelum banyak obat cair alias sirup kesehatan berwarna-warni muncul, jahe merupakan andalan karena secara efektif dapat mengobati sakit perut, diare, dan mual. Anda bisa minum jahe yang sudah berbentuk ekstrak jahe. Hanya, anda harus memastikan itu adalah ekstrak jahe alami dan hindari mencampurnya dengan sirup dan gula.

10. Roti dan kerupuk
Meskipun roti atau biskuit tidak banyak membantu dalam hal tubuh meningkatkan sistem kekebalan, roti dan kerupuk sebenarnya dapat membantu menyerap kelebihan asam lambung yang disebabkan terlalu banyak minum saat flu.

Pilihlah roti tawar ketimbang roti aneka rasa, demikian juga dengan kerupuk. Anda boleh memanggang roti itu terlebih dahulu untuk mengurangi mual.

Konsumsilah seluruh makanan ini secara teratur dan konsisten selama anda mengalami flu. Kombinasi yang sehat antara olah raga, diet seimbang, dan banyak istirahat serta relaksasi adalah pengobatan terbaik untuk flu.

Semoga cepat sembuh  sumber

0 comments: