Tuesday, December 31, 2013

Melihat Indonesia Dalam 10 Jenis Peta Dunia

Informasi mengenai sebuah negara kini dapat kita akses secara mudah melalui beberapa bentuk informasi yang disampaikan di internet. Termasuk dalam bentuk peta dunia yang bukan hanya saja mengetahui letak sebuah negara dalam peta bumi namun juga beragam informasi yang menjadi ciri khas negara tersebut.

Peta membantu kita untuk mempelajari lebih jauh mengenai suatu negara bahkan dunia. Serta Peta dapat menjadi sumber informasi penting dalam mengetahui apa yang terjadi dalam kehidupan manusia dari jaman dulu hingga sekarang.

Seperti halnya tingkat emisi karbondioksida disetiap negara hingga pengaruh global warming di dunia bisa dianalisis melalui metode peta. Indonesia pun mendapatkan beberapa penilaian tentang gaya hidup, intelektualitas manusianya maupun hal lainnya seperti ditunjukkan peta-peta berikut:


1. Indonesia dan Rata-rata IQ nya secara nasional


Ini adalah peta pertama yang menunjukkan rata-rata skor IQ nasional. Skor yang diperoleh dari tes standar untuk menilai kecerdasan. Juri masih tidak percaya mengapa skor IQ bervariasi begitu banyak di seluruh dunia, dengan teori-teori mulai dari faktor lingkungan hingga pengaruh genetik.

Dan tahukah kamu negara mana paling cerdas didunia? Jawabannya dimiliki oleh Singapura memiliki tingkat rata-rata IQ tertinggi di dunia dengan skor 108, disusul oleh Korea Selatan, Jepang dan Itali.

Lalu dimanakah Indonesia? Indonesia hanya memperoleh skor rata-rata IQ 87 yang sejajar dengan Brazil dan diatas satu skor diatas Filipina. Wowww... serasa sangat berjauhan dengan Singapura.


  2. Indonesia dan Penghasil Beras


Tahukah kamu bahwa Indonesia tercatat sebagai penghasil beras terbesar ketiga didunia berdasarkan peta diatas setelah China dan India. Tapi kenapa kita masih impor beras yah????


3. Indonesia dan Masalah Waktu Memulai Berbisnis


Peta ini menunjukkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh para pebisnis dan entrepeneur disetiap negara. Australia, Amerika adalah negara dengan kemudahan berbisnis tertinggi hanya memerlukan waktu hingga kurang dari 10 hari.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia rata-rata memerlukan waktu 60 hari dalam mengurus surat-surat dan banyak lainnya untuk memulai bisnis. Berada pada posisi yang memprihatinkan saat sebuah negara memerlukan banyak entrepreneur. Filipina berada sedikit diatas Indonesia, serta berada negara kita dibawah negara bernama Gabon. What??!!!??

  4. Indonesia dan Jumlah Populasinya di dunia


Dalam peta ini ditunjukan secara jelas mana saja negara paling besar populasinya. Asia menjadi nomor wahid terutama di tiga negara yakni China, India dan tentu saja Indonesia. Bangga atau prihatin? Mungkin tergantung bagaimana kita menyikapi dan membuat negara ini lebih makmur.


  5. Indonesia dan Sikap terhadap Orang Asing


Indonesia memperoleh berwarna pink pucat yang berarti menjadi salah satu negara yang kurang respek terhadap orang asing. Hal ini mungkin dikarenakan kita mayoritas negara ketimuran dan tidak mengusung sikap kebebasan yang terlalu kebarat-baratan.

Akan tetapi kita terhadap dunia sangat welcome dan sangat ramah, itulah yang diucapkan oleh kebanyakan turis yang melancong di Indonesia.


6. Indonesia dan Kebebasan Pers

Kebebasan pers adalah isu hangat diseluruh dunia terlebih sekitar tahun 2000 an. Saat ini Indonesia masih berada di posisi Difficult Situation yang berarti kebebasan pers di Indonesia masih dalam koridor sulit dan tidak terlalu bebas.


  7. Indonesia dan Vegetasinya di Bumi


Jumlah vegetasi dunia sangat beragam disetiap negara. Indonesia menjadi salah satu negara dengan vegetasi terbanyak setelah Brazil.


  8. Indonesia dan Konsumsi Kopi Per Kapita


Tahukah kamu bahwa Indonesia menjadi negara yang termasuk sedikit dalam mengkonsumsi kopi, padahal Indonesia adalah penghasil kopi terbesar setelah Brazil.



  9. Indonesia dan Masalah Kelaparan


Masalah kelaparan dunia memang jadi isu hangat setiap tahunnya terlebih belakangan ini. Bahkan negara agraris dan dikata orang subur makmur, Indonesia mendapatkan skor kelaparan dalam kategori serius. What???

Mengapa hal ini terjadi mungkin karena banyak faktor salah satunya populasinya yang banyak, tingkat pendidikan, lapangan pekerjaan, dan lainnya.

Kita berharap semoga Indonesia kedepan menjadi negara yang jauh lebih maju, lebih makmur, sejahtera dan yang pasti jauh dari korupsi. Karena Korupsi telah membawa negara kita pada kehancuran. Pray for the best to our country, Indonesia.


10. Indonesia dan Pengunaan Situs Internet


Indonesia adalah negara yang termasuk rajin dalam berselancar di dunia maya baik sekedar untuk chating maupun mencari dan mengumpulkan informasi. Dan Google menjadi situs atau laman yang paling sering digunakan oleh bangsa Indonesia mengalahkan facebook yang kini mulai ditinggalkan oleh beberapa orang.

(sumber)

0 comments: