Wednesday, August 31, 2016

Fakta Menarik Tentang Seragam Cewek Jepang

Siapa yang tidak tahu JKT48? Cara berpakaian sister group dari AKB48 ini sangat kental nuansa Jepannya. Tak jarang mereka menggunakan pakaian seragam ala Jepang. Bicara soal seragam, ini nih fakta soal seragam cewek di Jepang.

1. Panjang Rok

seragam cewek jepang (6)
Di Jepang ada kesepakatan bahwa rok terbaik itu 15 cm di atas lutut. Tapi ada beberapa sekolah yang mengharuskan siswinya menggunakan rok lebih panjang. Tak jarang, cewek Jepang melipat roknya agar tampak lebih tinggi, sehingga lebih leluasa memamerkan bentuk kakinya yang jenjang.

2. Seragam Pelaut

seragam cewek jepang (8)
Seragam pelaut atau se-ra fuku mulai digunakan di Jepang sejak tahun 1921. Ide seragam pelaut dengan rok yang dilipit-lipit (sehingga mudah tertiup angin) ini dibuat dengan tujuan agar gerakan cewek Jepang tidak terhambat saat berolahraga. Tapi dulu sih rok dari seragam ini tidak sependek sekarang. kalo sekarang lihat cewek Jepang pake seragam pelaut itu bikin mimisan!

3. Seragam Blazer

seragam cewek jepang (9)
Seragam pelaut sudah menjadi ciri khas cewek Jepang sejak awal abad ke-19. Di pertengahan abad ke-19 barulah dimulai adanya seragam baru yang lebih modern, yakni seragam blazer. Seragam ini terlihat lebih modis dan berkarisma saat dipadukan dengan kemeja dan dasi panjang. Dan tetap, rok cewek Jepang harus pendek.

4. Seragam Sweater/Vest

seragam cewek jepang (1)
Di beberapa sekolah, ada yang membebaskan siswinya untuk menggunakan seragam berupa sweater atau vest yang senada jika bosan dengan blazer. Beberapa memilih memadukan warna cerah untuk membuat tampilannya terlihat manis dan menarik. Lucu banget kan ya kalo lihat cewek Jepang pake seragam vest yang dipadukan sama dasi kupu-kupu? Bawaannya pengen ngajakin main aja, gak usah sekolah.

5. Seragam One Piece

seragam cewek jepang (12)
Merupakan pengembangan dari seragam pelaut, seragam one piece ini mengusung model rok dan baju yang menyatu. Karena biasa digunakan oleh sekolah khusus cewek, kamu akan jarang menemukan cewek Jepang menggunakan seragam jenis ini. Tapi para Otaku sangat menyukai seragam jenis ini karena memang cewek Jepang jadi terlihat manis saat menggunakannya.

6. Seragam Rok Jumper

seragam cewek jepang (10)

7. Seragam Rok Suspender

seragam cewek jepang (11)

8. Kaus Kaki

seragam cewek jepang (2)
Untuk mengimbangi rok seragamnya yang pendek, cewek Jepang menggunakan kaus kaki panjang hingga 10 cm di bawah lutut. Soal warna, cewek Jepang seragam menggunakan warna hitam dan putih untuk kaus kakinya; menyesuaikan dengan seragam.

9. Loose Shocks

seragam cewek jepang (7)
Loose shocks atau kaus kaki kedodoran menjadi tren khusus cewek Jepang di musim dingin. Aksesoris pendukung ini biasanya dipadukan dengan seragam pelaut. Tapi pada kenyataannya, loose shocks ini cocok digunakan pada seragam apapun selama rok seragamnya pendek. Bikin makin mimisan deh kalo liat cewek Jepang pake rok pendek dipadukan loose shocks!

10. Sepatu

seragam cewek jepang (3)
Cewek Jepang tidak menggunakan sepatu seragam, karena mereka diharuskan menggunakan sepatu indoor khusus selama di dalam sekolah. Jadi dari rumah biasanya cewek Jepang mengenakan alas kaki biasa saja.

11. Dasi

seragam cewek jepang (4)
Di film-film, kamu pasti sering menemukan cewek Jepang pake dasi untuk seragamnya. Meski tidak wajib, tapi dasi ini digunakan sebagai pemanis di seragam cewek Jepang. Bukan hanya dari kupu-kupu, cewek Jepang juga pake dasi panjang yang biasanya bermotif bunga.

12. Tas

seragam cewek jepang (5)
Tas cewek Jepang itu udah kayak lemari berisi koleksi pribadinya mereka aja. Cewek Jepang gemar menempelkan segala hal yang berbau kesukaannya di tas sekolah. Entah itu PIN, gantungan, atau sekedar coretan.
Selain seragam, cewek Jepang juga memiliki aksesoris pendukung yang membuat tampilan mereka jadi nampak manis, kan? Dibandingkan dengan seragam sekolah cewek di Indonesia, seragam cewek Jepang terlihat lebih menyenangkan.
Kamu suka cewek Jepang pake seragam yang mana nih? Jaka sih suka yang pake seragam blazer. Terlihat lebih modern dan bisa diapa-apain (dalam berbagai arti)... hehe.. sumber

0 comments: