Monday, September 8, 2014

Berapa Fakta Berbahaya Seputar Gorengan


Rasanya tidak lengkap jika dalam acara keluarga tidak disajikan jajanan gorengan yang disantap dengan cabai rawit hijau. Di Indonesi, gorengan sudah menjadi jajanan wajib dan makanan sehari-hari sehingga banyak dijumpai penjual gorengan dengan harga murah meriah. Namun tahukan Anda beberapa fakta yang membuat gorengan yang dibeli di tempat umum menjadi tidak sehat karena proses pembuatannya?


Pertimbangkan lagi jika Anda ingin membeli gorengan di tempat umum. Berikut faktanya:



Minyak Goreng Tidak Diganti



Sering kali penjual yang ingin menghemat bahan baku gorengan menggunakan minyak goring berkali-kali sampai berwarna hitam. Biasanya untuk mensiasati penampilan, mereka menjernihkan kembali minyak goreng bekas.



Minyak goreng menjadi tidak bermanfaat dalam kesehatan karena adanya lemak bawaan dan proses pemanasan berkali-kali. Inilah yang menyebabkan penyakit kolesterol.



Minyak Goreng Dicelup Plastik



Agar gorengan terasa renyah dan krispi, sering kali penjual mencelupkan plastic ke dalam minyak goreng sebelum digunakan untuk menggoreng gorengan. Kandungan plastik jika dikonsumsi akan menimbulkan kanker mematikan. Sebaiknya pembeli harus berpikir ulang sebelum membeli gorengan di luaran.



Kandungan garam dan penyedap MSG



Biasanya adonan gorengan ditambahkan MSG dan garam ekstra agar terasa nikmat. Dua bahan tambahan ini sebenarnya memicu penyakit kolesterol dan hipertensi selain itu tidak baik untuk orang yang mudah mengalami obesitas karena akan menaikkan berat badan secara drastis.



Kanker Usus Besar



Akibat terburuk dari seringnya makan gorengan adalah penyakit kanker yang menyerang usus besar. Gejalanya adalah gangguan fungsi usus diawali dengan infeksi dinding usus sehingga tubuh merasakan panas dingin serta susah BAB. Gorengan adalah salah satu makanan yang tidak baik untuk pencernaan apalagi jika dimakan dengan cabai yang membuat lambung tidak kuat menahan pedas sehingga menimbulkan nyeri.



Jika ingin lebih aman mengkonsumsi gorengan sebaiknya Anda membuat sendiri gorengan. Karena dijamin pembuatannya akan aman dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya. Imbangi dengan makan buah dan sayur agar penncernaan lancar dan tidak timbul nyeri pada bagian lambung Anda. (sumber)

0 comments: