Logo adalah salah satu alat marketing sebuah merk yang paling mudah
diingat. Tetapi tahukah whatpeople kisah-kisah menarik dibalik logo-logo
terkenal di dunia? Beberapa di antaranya barangkali akan membuat
terkejut dan tidak whatpeople sadari sebelumnya. Dilansir oleh
allwomenstalk.com, berikut 7 kisah dibalik logo brand terkenal.
Baskin Robin
Sejak kemunculannya di tahun 1945 di California, toko es krim ini telah berganti logo berulang kali. Namun hanya satu yang tak berubah, yaitu penyebutan angka 31. Angka ’31′ merupakan representasi 31 varian rasa es krim terkenal Baskin Robbins. Ada beberapa slogan yang menyertakan angka ini, misalnya: ’31 Flavours of Fun’, ’31 Flavours at Their Best’, ‘Trust 31′ dan beberapa lainnya. Apakah whatpeople menyadari juga, angka 31 pada logo mereka?
Apple
Pada suatu hari, Steve Jobs baru saja kembali dari sebuah pertanian apel setelah memulai diet buahnya. Saat itulah ia dalam proses mendirikan perusahaan barunya (yang kini menjadi Apple, Inc.). Terinspirasi dari pertanian apel tersebut, ia menjadikan apel sebagai logonya. Karena khawatir orang berpikir logo apel tersebut adalah buah chery, ia memodifikasi gambarnya dengan aksen gigitan.
Nike
Carolyn Davidson adalah seorang perempuan dibalik logo terkenal Nike ini. Dibuat pada tahun 1971, sebetulnya gambar ini hanyalah sebuah tugas desain grafis saat Carolyn duduk di bangku sekolah. “Saya tidak menyukai gambar ini, tapi saya akan tumbuh bersama gambar ini,” ujar Carolyn yang ternyata tak menyukai hasil gambarnya. Tahukah Anda, ia hanya dibayar sebesar $35 atau sekitar Rp. 350 ribu untuk logo ini. Barangkali ia kini akan tercengang ya melihat bagaimana bernilainya logo sederhana miliknya ini.
Starbucks
Alasan Starbucks memilih putri duyung sebagai logonya adalah karena putri duyung merupakan salah satu mitologi Yunani kuno. Karena ada berbagai kritikan tentang penggambarannya, maka logo Starbucks pun perlahan diganti. Terhitung logo ini telah mengalami tiga kali pergantian sejak awal diluncurkan.
Pepsi
Salah satu minuman bersoda kalengan yang mendunia adalah Pepsi. Warna logo Pepsi terdiri dari merah, putih dan biru. Tahukah whatpeople, warna-warna ini ternyata merepresentasikan warna bendera Amerika. Tujuannya, untuk menunjukkan rasa kebanggaan dan patriotisme perusahaan minuman berkarbonasi ini berasal. Tak hanya itu, ternyata logo Pepsi pun dipercaya mengandung sisi fengshui, teori Phytagoras, teori ilmiah Einsten, teori magnet bumi dan lain-lain.
Chupa Chups
Nah, merk permen lolipop ini masih bertahan hingga saat ini. Warna-warninya yang cerah juga mudah dikenali. Logo ChupaChups sebetulnya adalah rancangan seorang pelukis nyentrik bernama Salvador Dali pada tahuh 1969. Warna-warna untuk desainnya diambil dari warna bendera Spanyol karena nama ‘Chupa Chups’ berasal dari bahasa Spanyol ‘Chapur’ yang artinya menghisap.
Logo ini sangat mudah diingat ‘bukan? Padahal pengerjaan logo ini hanya memakan waktu satu jam, sementara Salvador Dali duduk di cafe sambil minum kopi dengan seorang teman.
Mercedes Benz
Merk transportasi yang satu ini sungguh klasik dan elegan. Seelegan logonya. Mercedes Benz ternyata menyimpan kisah di baliknya. Tiga poin yang terdapat pada logo mereka merepresentasikan tiga elemen kehidupan yaitu: air, udara dan bumi. Percaya atau tidak, poin-poin tersebut juga merepresentasikan dominasi merk Mercedes Benz dalam dunia transportasi (kapal, pesawat terbang dan mobil). Filosofis sekali ya.
0 comments:
Post a Comment