Friday, June 26, 2009

Minum Kopi Tekan Kanker Hati

 Kanker hati tampaknya lebih jarang ditemui pada peminum kopi dibandingkan dengan orang tidak minum kopi. Demikian laporan yang telah dipublikasikan dalam jurnal Hepatology edisi Agustus lalu, yang menampilkan temuan dari 10 studi tentang hubungan antara kopi dan kanker hati.

Studi-studi itu dikaji ulang oleh para peneliti, termasuk Francesca Bravi dari Istituto di Ricerche Farmacologiche di Milan, Italia. Studi keseluruhan mencakup 2.260 orang dengan kanker hati dan 240.000 orang tanpa kanker hati. Para partisipan hidup di Yunani, Italia, dan Jepang. Partisipan melaporkan tentang kebiasaan mereka minum kopi.

Data menunjukkan, peminum kopi tampaknya 41 persen lebih sedikit didiagnosis menderita kanker hati dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Untuk setiap cangkir kopi yang diminum, angka kemungkinan didiagnosis kanker hati menurun sampai 23 persen.

Beberapa studi mendefinisikan konsumsi kopi sebanyak 3 cangkir atau lebih per hari. Yang lain menyetel pada angka lebih rendah, tidak lebih dari 1 cangkir kopi per hari. Faktanya, kanker hati lebih jarang terjadi pada peminum kopi di semua negara (Yunani, Italia, Jepang). Peneliti mengatakan, temuan ini bukan kebetulan atau fenomena lokal. Mereka berspekulasi bahwa kopi memperbaiki enzim hati dan memotong sirosis dan kanker hati. Jadi, apakah minum kopi mencegah atau tidak kanker hati, penelitian yang lebih mendalam masih diteruskan. (okezone)

0 comments: