Wednesday, July 29, 2009

Lama Di Depan Komputer Cobalah Senam Mata

Senam mata dengan memejamkan mata, menggerakkan mata ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah serta latihan berfokus cukup sebagai terapi untuk mengatasi mata lelah dalam waktu singkat.

Lama bekerja di depan komputer tanpa filter penangkal radiasi di layar monitor, tentu membuat mata kering dan ter kena radiasi. Tidak hanya itu, kepala akan cepat pusing yang pada akhirnya mata akan menjadi lelah dan mengantuk sehingga kinerja andapun terganggu. Di negara-negara maju, untuk mengatasi hal ini, para pekerja melakukan senam mata dengan gerakan utama, berkedip yang akan membuat mata memproduksi air mata. Gerakan kedua yaitu melotot yang berfungsi juga untuk memproduksi air mata. Gerakan lain yaitu melihat sumber cahaya seperti api atau lampu, tapi jangan coba-coba melihat cahaya matahari, karena sangat berbahaya bagi mata. Senam mata ini cukup efektif walaupun jika ingin mendapatkan mata yang benar-benar bagus, harus mengkonsumsi buah-buahan dan suplemen vitamin A.
Namun, senam mata dengan memejamkan mata, meng gerakkan mata ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah serta latihan berfokus, cukup sebagai terapi untuk mengatasi mata lelah dalam waktu singkat. Senam mata cukup mudah, dapat dilakukan lima menit setiap hari. Hal penting dalam melakukan senam ini yaitu, konsentrasi dalam melihat dan melakukan pernapasan yang benar, sehingga anda tidak pusing setelah melakukan senam mata. Pada tingkatan gerakan senam mata yang lebih tinggi, senam mata ini dapat menyembuhkan penyakit mata seperti rabun jauh dan rabun dekat. Di Singapura, menurut majalah Guardian, pemerintah setempat mewajibkan senam mata setiap pagi kepada pelajar-pelajar di sekolah. Ingin mencoba???

GERAKAN SENAM MATA

Menutup mata
·Ketika duduk, letakkan siku di meja dekatkan perut ke meja.
·Tumpu semua berat badan di tangan.
·Tangan menutup mata
·Pejamkan mata.
·Bernapas pelan melalui hidung dan tahan 4 detik
·Ulangi lagi.

Menggerakan Mata
·Pejamkan mata.
·Perlahan lirikan mata ke atas, kemudian perlahan lirik-kan mata ke lantai.
·Ulangi tiga kali lagi.
·Pejamkan mata.
·Perlahan dengan lembut, gerakkan mata ke kiri dan ke kanan.
·Ulangi tiga kali lagi.

Mengubah Fokus
·Tempatkan jari telunjuk pada jarak beberapa cm dari mata.
·Fokuskan pandangan pada jari.
·Perlahan pindahkan jari.
·Fokus dan jangan biarkan jari berjarak beberapa cm dari mata.
·Fokuskan kepada sesuatu yang jaraknya tiga meter.
·Ulangi tiga kali lagi.


http://www.shterate.info/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=199&mode=thread&order=0&thold=0

0 comments: