Saturday, April 27, 2013

Memperbaiki Folder File yang berubah menjadi ShortCut pada Removable Media

Pernahkah Anda bertemu situasi seperti iniFolder file Anda tiba-tiba menjadi ikon shortcut ketika Anda konek dengan removable media  (USB pen drive, hard drive eksternal dan kartu sd memori dll) ke komputer Anda dan coba akses data di dalamnya. File yang tadinya cukup besartiba tiba hanya tertera 1KB atau 2KB ketika di klik properties. Anda juga mencoba akses di PC yang berbeda dan masalah yang sama masih terjadi. Anda tidak perlu panik , dibawah dijelaskan bagaimana cara membuat folder file diakses lagi dan bagaimana memulihkan file yang hilang 
 
Apa yang menjadi Penyebab File Anda Menjadi Shortcuts?
Ya, Anda mungkin sudah menebak itu - mungkin virus atau Trojan (seperti BUOUFO, QWERT dll) atau worm autorun.inf. Pen drive atau kartu memori mungkin terinfeksi. Akibatnya, file atau folder menjadi "tersembunyi". Bisa diakali dengan membuat mereka terlihat lagi dengan menampilkan hidden folder di properties tapi hanya sementara saja.




Bagaimana Perbaiki Folder Menjadi Shortcuts masalahDengan memformat Removable Media tidak menyelesaikan masalah dan membunuh virus tersebut. Ikuti langkah-langkah di bawah ini supaya data di removable media anda bisa kembali pulih.
#Menggunakan Command line:

Untuk mengatasi / memperbaiki file folder yang tersembunyi atau sistem, cara termudah adalah dengan menjalankan baris perintah. Anda dapat menerapkan perintah ini ke drive USB dan lokal juga, perlu mengubah drive_letter tersebut.

Buka Run, ketik cmd dan tekan enter. Dalam command prompt ketik saja:

attrib -h -s -r -a  /s  /d drive_letter:. \ * *

Dan tekan enter. Pastikan Anda telah mengetik huruf drive (misalnya j:, h: atau D :) bukannya "drive_letter" pada command line. Saya huruf drive USB adalah J: dan perintah harus terlihat seperti:


 

# Yang kedua Anda harus menggunakan beberapa program anti-virus atau anti-malware yang kuat untuk menghilangkan virus atau trojan. Download freeware Malwarebytes Anti-Malware dari CNET dan menginstalnya pada komputer Anda. Jalankan software untuk melakukan "Full Scan" dari drive yang mungkin berisi virus atau trojan tersebut. '); Default pilihan yang dipilih adalah "Quick Scan". Cara ini harusnya sudah bisa  membunuh virus tersebut. Setelah itu lihat apakah folder file akan diakses secara normal.

# 3 Jika Anda menemukan file folder Anda hilang, jangan khawatir. Anda bisa mencoba memakai RECUVA (free) untuk mencari dan mengembalikan data yang telah terhapus. Dengan cara ini harus menjadi solusi akhir Anda.


Semoga bermanfaat. Salam

sumber

 
 

1 comments: