Friday, July 18, 2014

Manfaat Menggunduli Rambut Bayi


Dear Bunda Mitos rambut bayi akan tumbuh lebat setelah digunduli masih dipercaya oleh banyak orangtua. Sehingga banyak orang tua yang mencukur habis rambut anaknya saat usia si kecil genap 40 hari.
Sebenarnya mencukur habis rambut bayi saat usianya 40 hari tidak ada pertimbangan medis dan tidak ada keharusan. Jadi tidak ada hubungannya sama sekali antara menggunduli anak dengan rambut tumbuh lebat.
Namun, menggunduli kepala bayi memiliki beberapa manfaat.

Kami akan menjelaskannya di bawah ini:


1. Membersihkan lemak. Saat melewati jalan lahir, banyak lemak dan ‘kotoran’ rahim Ibu yang menempel di tubuh bayi, termasuk di rambutnya. Sisa-sisa lemak dan kotoran itu akan terbuang saat mencukur habis rambut bayi. Selain kotoran rahim kotoran lain yang kerap menempel di rambut bayi adalah bekas gumoh di bantal. keramas saja mungkin tidak cukup untuk membersihkan lemak jadi harus dibersihkan dengan cara mencukur rambut si kecil sampai habis.

2. Mencegah iritasi dan infeksi. Kepala bayi yang gundul akan memudahkan ibu untuk mengamati jika ada iritasi, bisul, luka, dan sebagainya di kepala. Mencukur rambut bahkan menjadi keharusan bila sudah terjadi infeksi, misalnya ada bisul di kepala. Untuk mencegah terjadinya infeksi lebih parah dan memermudah pengobatan, sebaiknya kepala anak dalam keadaan bersih dari rambut.
3. Mendinginkan. Bayi-bayi yang kebetulan tinggal di daerah tropis seperti Indonesia sering merasa panas. Dengan kepala yang plontos akan lebih nyaman. Hembusan angin akan langsung mengenai pori-pori kulit kepala dan mampu mengurangi rasa panas.


sumber

0 comments: