Thursday, May 14, 2009

Minuman Bersoda Picu Kelumpuhan Otot

 Terlalu banyak minum minuman bersoda dapat mengakibatkan serangan ringan yang berujung pada kelumpuhan otot, berikut peringatan dokter pada laporan Jurnal Internasional Praktek Klinis. Pasalnya, minuman itu dapat menyebabkan kalium darah turun drastis.

Laporan ini didasari kasus peternak burung unta di Australia yang butuh perawatan darurat karena kelumpuhan pada paru-paru setelah meminum empat hingga sepuluh liter minuman bersoda per hari. Kendati telah pulih, ia disarankan untuk membatasi mengonsumsi minuman tersebut.

Contoh kasus lain terjadi pada wanita hamil yang biasa mengonsumsi hingga tiga liter minuman bersoda per hari selama enam tahun belakangan. Ia mengeluh terlalu mudah lelah, kehilangan nafsu makan, dan sering muntah-muntah. Dari pemeriksaan, terlihat bahwa ia memiliki detak jantung yang tak normal diduga akibat tingkat kalium darah yang rendah. Setelah mengurangi konsumsi minuman bersoda, ia pun kembali pulih.

Produsen bersikeras bahwa produk tersebut aman bila tak terlalu sering dikonsumsi. Namun Dr Clifford Packer dari Pusat Kesehatan Louis Stokes Cleveland VA di Ohio, Kanada, yakin bahwa kasus tersebut potensial terjadi.

Menurut dia, dengan pemasaran yang gencar, ukuran kemasan yang super besar, serta efek toleransi dan ketergantungan kafein, cukup diyakini bahwa jutaan orang di negara industri meminum setidaknya dua hingga tiga liter minuman ini per hari. Ditambah lagi dengan turunnya level kalium serum penggemar minuman tersebut. (rileks)

0 comments: