Monday, June 29, 2015

MINIONS DAN DESPICABLE ME

Pesan Tersembunyi dari film Minions yang terbaru…

https://i2.wp.com/maxcdn.thedesigninspiration.com/wp-content/uploads/2013/10/Despicable-Me-Minions-014.jpg
Top 40 Funniest Minions Quotes #quotes #Minions
Film Minions.
Kalau kita pikir dan cermati apa pesan tersembunyi dari sebuah film memang kesannya aneh yah…
Top 40 Minions Quotes #sayings
Apalagi itu adalah sebuah film yang lucu dan di sukai anak-anak dan masyarakat pada umumnya…
Karena kita tidak pernah di ajar dan di beritahu tujuan dari pada si pembuat film tersebut…
Film-film tersebut sempat menjadi bahasan anak-anak saya tentang tokoh Minion yang lucu itu, tapi tetap tidak membuat saya tertarik. Tetapi setelah saya iseng dan menonton… ternyata ini adalah Film animasi perdana dari Illumination Entertainment dan Universal Picture ini berhasil meraup uang dan jutaan penggemar di seluruh dunia.
Mari kita perhatikan tentang Minions…sebuah boneka lucu yang bermata 1 (one eye = lambang iluminati)… apakah itu ?
jika anda menonton film terbaru dari minions …
disitu di kisahkan bahwa mereka adalah makhluk abadi… bahkan mereka ada setelah langit dan bumi di ciptakan.
Mereka terus-menerus ada bahkan dari sejak Binatang purba Dinosaurus, manusia Purba…sampai dengan jaman sekarang.  sebenarnya Film yang sekarang di putar ternyata awal daripada film-film yang dari tahun 2010 sempat booming di bioskop-bioskop, yaitu Despicable me 1 dan 2.
Memang kesannya aneh… tapi perhatikanlah… mereka ada sebelum jaman dinosaurus… (siapa kira-kira yang ada sebelum jaman itu ? Cuma ada 2 yaitu Tuhan dan Iblis, dan posisi iblis pada saat itu di buang ke bumi pada Jaman Dinosaurus oleh karena itu para ilmuwan menganggap bahwa jaman dinosaurus habis karena meteor yang jatuh ke bumi (perhatikan bahwa Alkitab mencatat bahwa Iblis di buang dari surga ke bumi seperti kilat di langit)
Setelah itu perhatikan langkah demi langkah kehidupan para minion yang immortal (tidak bisa mati)… mereka selalu mencari sosok pribadi yang dapat dijadikan pemimpin yang terjahat… mulai dari Firaun, Napoleon…dan akhirnya sampai dengan 1968 + 50 thn mereka menemukan si GRU apa maksudnya?
mari kita bahas satu per satu… ok ?
 Hal menarik dari film ini adalah pesan yang tersembunyi yang dibungkus dengan kelucuan dan karakter uniknya.
1. Illuminati
https://i2.wp.com/www.animationmagazine.net/wordpress/wp-content/uploads/illumination-entertainment-post.jpg
Apakah anda tahu bahwa film ini di produksi oleh Illumination Entertainment yang secara terang-terangan memproklamirkan nama “Illuminati” di opening film. Illuminati (bentuk plural dari bahasa Latin illutuminas, “tercerahkan”) adalah nama yang diberikan kepada beberapa kelompok, baik yang nyata (historis) maupun fiktif. Secara historis, nama ini merujuk pada Illuminati Bavaria, sebuah kelompok rahasia pada Zaman pencerahan yang didirikan pada tanggal 1 Mei tahun 1776. Illuminati merupakan kepercayaan dimana pengetahuan adalah segala-galanya dan tidak ada lagi yang namanya misteri Tuhan karena semua ada jawabannya. Pengetahuan itu berpusat pada satu titik yang dilambangkan dengan mata. Dalam illuminati ada yang namanya Freemansory memiliki ritual pemujaan kepada the great architect dan mereka menyebutnya “Fallen angel” a.k.a Lucifer. FYI, mata yang disebut sebagai The Whole seeing-Eye (mata tuhan) atau biasa disebut Eye of Horus (diambil dari legenda mesir) yang merupakan simbol dari Lucifer (Iblis).
#2. Minion
Kita juga akan langsung mengenali simbol The Whole Seeing Eye berupa mata satu dalam karakter Minion.
https://i1.wp.com/www.klonblog.com/images/2013/07/a-teaser-snygo_files003-minions.jpg
Minions - Despicable Me 2 wallpaperMINIONS
Minion yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Pelayan, Antek atau Kaki Tangan, merupakan ciptaan Gru sang tokoh super jahat. Minion sangat setia dan selalu patuh kepada majikannya, Gru. Minion si antek-antek Gru digambarkan dengan karakter yang lucu, warna ceria dan usil. Anak-anak pasti akan jatuh cinta pada Minion, apalagi ditambah bahasa mereka yang asing di telinga kita tapi diucapkan dengan suara-suara lucu.  Dalam mengisi suara Minion, Pierre Coffin menggunakan banyak referensi bahasa. Seperti kata-kata kerja dalam bahasa India, Perancis, Inggris, Spanyol dan Italia. Bahkan ada bahasa Indonesia “Terima kasih” di Despicable Me 2 dan Minion Terbaru.
Minion digambarkan sebagai antek penjahat dari berbagai belahan dunia, diwakili dengan berbagai bahasa yang digunakan, termasuk bahasa Indonesia. Dengan bangganya, para pecinta Minion ini menulis di sosial media bahwa Minion memakai bahasa kita.
Apakah anda tidak menyadari bahwa makhluk lucu ini sebenarnya antek-antek penjahat? Mereka patuh dan siap memberikan apapun demi melayani majikannya. Anak-anak akan dibuat terkesan dengan kelucuan karakter Minion, sehingga mereka ingin menjadi Minion serta mengoleksi merchandise Minion. Anak-anak kita digiring menjadi Minion, si kaki tangan yang setia kepada penjahat.
#3. Judul Film “Despicable Me”
Despicable Me
Pernahkah anda menonton film ini? dan sequelnya, Despicable Me 2 dan Despicable Me 3?
Kemudian beberapa waktu yang lalu, saya sengaja menonton Despicable Me 2 di salah satu TV kabel bersama anak saya. Ada yang terbersit di kepala saya saat melihat tokoh-tokoh dalam film animasi tersebut, dan menggelitik hati saya untuk menulis di blog ini. Sebelum saya kemukakan, ada baiknya kita flash back, sinopsis Despicable Me.
Sinopsis Despicable Me (2010) Gru (Steve Carell) adalah pencuri terbesar sepanjang zaman. Tak ada yang bisa menandingi rekor Gru. Sayangnya, rekor ini begitu saja tumbang ketika sebuah piramida di Mesir tiba-tiba hilang tanpa ada yang tahu siapa yang mengambilnya. Harga diri Gru tercabik-cabik. Bagaimana mungkin ada orang yang bisa mencuri piramida tanpa ada yang tahu. […]
Sebuah piramida berhasil dicuri oleh Vector seorang penjahat, Gru yang memiliki obesesi untuk menjadi penjahat nomor satu merasa tertantang untuk sesuatu yang lebih besar. Bersama pasukannya, para Minion dan Dr. Nefario, Gru berencana untuk mencuri bulan. Untuk itu ia butuh bantuan dana dari Bank of Evil, sayangnya bank tidak menyetujui rencananya karena ternyata ia belum memiliki senjata pengecil yang akan digunakan untuk mencuri bulan. Untuk membuktikan bahwa ia mampu, ia mengambil senjata pengecil itu, namun Vector berusaha menggagalkan rencananya dengan mengambil senjata itu darinya dan menyimpannya di rumahnya. Gru yang mencoba mengambil kembali senjata selalu gagal menembus pertahanan rumah hingga ia melihat tiga orang anak panti berhasil masuk rumah itu dengan mudah. Gru mengadopsi ketiga anak itu (Margo, Edith, Agnes) dan menggunakan mereka untuk mencuri senjata pengecil dari rumah Vector untuk mencuri bulan. Awalnya Gru hanya memanfaatkan ketiga anak tersebut, namun seiring berjalannya waktu ketiga gadis kecil yang manis tersebut mengubah perilaku Gru yang SuperBad menjadi SuperDad. Dan tidak lupa kita akan disuguhi kelucuan dari Minions para pelayan setia Gru yang menggemaskan.
Mari kita bedah Soal Despicable me…
Kita mulai dari judul “Despicable Me” yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Despicable = Tercela, Hina, Keji, atau yang patut dibenci. Sehingga Despicable Me adalah “Tercelanya Aku atau Terkejinya Diriku”. Apa maksud dari judul ini? Apakah si penulis ingin mengungkapkan karkater asli Gru, seorang penjahat? Saya agak terganggu dengan arti dari Despicable Me. Bagaimana menurut anda sebuah film animasi anak-anak dengan judul “Terkejinya Diriku”? Apakah ini sebuah ajakan? Dan setiap anak yang menyebut judul itu, menyebut dirinya orang yang “keji”? Apakah ini yang diinginkan dari film tersebut? Berbahayakah bila anak kita menyebut dirinya “keji” dengan wajah berbinar karena mengingat film lucu itu.
#4. Piramida
 Dalam film Despicable Me, dibuka dengan pencurian Piramida. Kenapa Piramida? Kenapa bukan menara Eiffel atau The Great Wall di Cina?
Karena Piramida adalah simbol yang mewakili kepercayaan mereka dari legenda Mesir, Lucifer. Eye of Horus berada dipuncak Piramida.
Filosofi bentuk piramida itu sendiri mempunyai arti di setiap struktur dan hirarkisnya.
http://i2.wp.com/www.caplimpede.ro/wp-content/uploads/2013/10/shutterstock_57523771.jpg?resize=300%2C199
Kita juga sering temui bentuk piramid atau disederhanakan menjadi segitiga dalam keseharian kita, misalnya simbol ini yang terdapat di mata uang Dollar Amerika, acara TV/film anak-anak dan maskot Olimpiade 2012 di London dengan mata satu dan latar belakang bentuk segitiga/piramid.
https://i1.wp.com/pbs.twimg.com/media/BEKOaDyCAAAxhGm.jpg:largehttp://elkiprades.files.wordpress.com/2010/10/spongebob-illuminati-1-image.jpeg
https://i2.wp.com/devamelodica.com/wp-content/uploads/2012/07/Jadwal-Olimpiade-2012-London-21.jpg
Anak-anak akan dibuat akrab dengan simbol-simbol ini, sehingga diharapkan oleh para Illuminati, anak-anak yang mudah dipengaruhi, akan menjadi Minion bagi para Illuminati.
#5. Dr. Nefario
Karakter lain dalam film ini adalah Dr. Nefario seorang dokter kepercayaan Gru yang bisa membuat berbagai senjata. Karakternya yang unik menambah warna dalam film ini.
https://m1.behance.net/rendition/modules/73842145/disp/ea24947a5ccb16c6eaa90830a1cbc330.png
Apa arti dari Nefario itu sendiri? Nefario berasal dari kata Nefarios, dalam bahasa Inggris. Atau Nefarius dalam bahasa Latin, yang berarti kejahatan; jahat; penuh dosa
[dari nefārius Latin, dari NEFAs perbuatan yang melanggar hukum, dari Ne tidak + FAS hukum ilahi] atau terjemahan bebasnya “perbuatan jahat yang melanggar hukum Illahi”. 
Kalau kita tarik garis merah dalam cerita ini, bahwa Gru si penjahat yang tidak mau terkalahkan, tentunya akan mencari teman sesama penjahat juga, yaitu Dr. Nefario si dokter jahat. Klop kan?
 
 
#6. Bank of Evil
 
Dalam cerita, dikisahkan Gru meminjam uang dari Bank of Evil untuk projek mencuri bulan. Seperti yang sering kita alami, para kapitalisme pasti menguasai Bank. Sehingga sesuai  dari nama bank itu, Bank of Evil. yang artinya, Bank Kejahatan, seorang penjahat seperti Gru pun sulit meminjam uang dari Bank of Evil.
Mengapa di film ini banyak memasukkan kata-kata “Jahat”? Konsep “jahat” dalam film ini diselipi di tiap nama-nama dan perilaku tokohnya, tetapi dibungkus dengan keindahan animasi canggih dan warna-warni yang menarik.
Tapi pernahkan anda amati, tulisan dibawah Bank of Evil ?
https://i2.wp.com/fc00.deviantart.net/fs71/f/2011/050/c/e/formerly_lehman_brothers_by_bigunknown-d39xn43.png
Formerly Lehman Brothers (Dulunya Lehman Brothers)
Lehman Brothers adalah sebuah perusahaan jasa keuangan global. Sebelum menyatakan kebangkrutan pada tahun 2008, Lehman adalah terbesar keempat bank investasi di Amerika Serikat (belakang Goldman Sachs, Morgan Stanley, dan Merrill Lynch), melakukan bisnis di bidang investment banking, ekuitas dan penjualan pendapatan tetap dan perdagangan (terutama US Treasury securities) , penelitian, manajemen investasi, ekuitas swasta, dan perbankan swasta.
Pada 1:45 pada tanggal 15 September 2008, perusahaan mengajukan perlindungan kebangkrutan, menyusul eksodus besar-besaran sebagian besar klien, kerugian drastis dalam sahamnya, dan devaluasi aset oleh lembaga pemeringkat kredit. Pengajuan kebangkrutan Lehman adalah yang terbesar dalam sejarah AS, dan diperkirakan telah memainkan peran utama dalam penyingkapan krisis keuangan global akhir tahun 2000-an.
Ketika Amerika dan negara-negara Eropa lainnya dilanda krisis ekonomi, Lehman Brothers dianggap sebagai penyebabnya. Analisa saya, penulis Despicable Me mencoba menyindir bahwa Lehman Brothers yang membuat banyaknya pengangguran di Amerika dan Eropa, kini adalah Bank of Evil. Beban yang ditanggung oleh warga Amerika digambarkan melalui patung-patung pada tiang sepanjang koridor Bank of Evil.
https://berjagajaga.files.wordpress.com/2015/06/00a33-despicable-me-pillars-at-the-bank-of-evil.gif?w=200&h=200http://vignette2.wikia.nocookie.net/despicableme/images/3/30/Picture.jpg-2012-12-28-at-15.04.53-640x351.jpg/revision/latest?cb=20131020204017
Yang membuat saya tertawa, Lehman Brothers berasal dari Rimpar, Bavaria. Ayah mereka seorang pedagang sapi Yahudi yang merantau ke Alabama Amerika Serikat. Keluarga Yahudi ini yang terdiri dari tiga bersaudara Henry, Emanuel dan Mayer Lehman mengembangkan usaha dan sukses di Amerika sejak tahun 1847 hingga kebangkrutannya tahun 2008. Generasi Lehman mengecewakan Yahudi Amerika, sehingga mereka menyindirnya dalam penggambaran Bank of Evil. 
#7. Logo Gru
Logo Gru yang digambarkan dalam film ini merupakan metamorfosa dari logo Freemason yang merupakan salah satu kumpulan yang bergerak dalam satu nama besar yang dipanggil Illuminati.
 
Disederhanakan menjadi
https://i2.wp.com/ecx.images-amazon.com/images/I/410nQyoX30L._SL1000_.jpg
http://i.ebayimg.com/00/s/Nzc0WDg1NQ==/z/n5UAAMXQPW5SHMFL/$T2eC16hHJIkFHR8BBTKfBSHMFLkT-w~~60_35.JPG

 Seperti organisasi pada umumnya, freemasonry juga memiliki lambang. Lambangnya yang paling terkenal adalah sebuah jangka dan penggaris busur dengan huruf G ditengahnya. Misalnya, Huruf G di tengah lambang itu. Di beberapa lodge, huruf G itu diterima sebagai kependekan dari “God”. Di tempat lain “Goodness”. Tapi mungkin yang paling populer adalah “Geometry”, sebuah dasar matematika yang melahirkan legenda freemason.

Di beberapa negara seperti Inggris, huruf G tersebut telah dihilangkan dari lambang freemason setempat.
Menurut Albert Pike, pendiri The Scottish Rite dalam bukunya “Morals and Dogma” yang juga dianggap sebagai “kitab sucinya” freemason, lambang jangka berarti “Ketuhanan yang Kreatif”, sedangkan penggaris busur adalah “Bumi produktif alam semesta”.
Dalam Despicable Me, huruf G merupakan representasi dari lambang G pada freemason. Apapun arti dari G itu sendiri, yang saya tafsirkan adalah G dari Gru yang juga berarti GURU. Bila kita perhatikan dari jauh, logo Gru akan berbentuk mata satu, The Whole seeing Eye atau Eye of Horus.
#8. Lantas siapa GRU ?Dalam Despicable Me, Gru adalah seorang penajahat yang kemudian menjadi Ayah yang baik bagi ketiga putri angkatnya. Saat pertama melihat karakter Gru, saya langsung ingat seseorang yang sangat mirip dengannya, yaitu Aleister Crowley.
https://i0.wp.com/static.gamesradar.com/images/totalfilm/d/despicable-me-2-full-length-trailer-watch-now-130587-a-1363712620-470-75.jpghttps://i0.wp.com/www.judiciaryreport.com/images/aleister_crowley-1-12-11.jpg 
Siapakah Aleister Crowley? Apakah hanya kebetulan Gru memiliki karakter yang mirip dengan Aleister Crowley? Mari kita kenalan dulu dengan Aleister Crowley…
https://i1.wp.com/hermetic.com/crowley/equinox/i/iii/images/103_010.jpg
Aleister Crowley (Edward Alexander Crowley) lahir 12 Oktober 1875 – 1 Desember 1947. Crowley adalah seorang pesulap mistik, okultis, pendiri agama Satanisme, sex menyimpang, pemakai narkoba, penyair dan pendaki gunung, yang juga dikenal sebagai Frater Perdurabo danThe Great Beast 666″ dan oleh media massa Inggris disebut The Wickedest Man in the World “Manusia Paling Jahat di Seluruh Dunia,” karena kegemarannya pada seks magis, narkoba, dan hedonisme. Motto Crowley yang tersohor adalah ‘Do What Thou Wilt Shall Be The Whole Of The Law.’ Crowley menggunakan darah dan seks dalam ritualnya untuk mendapatkan energi dan pencerahan mistisnya. Pada Desember 1896, Crowley mulai mendalami okultisme dan mistisisme. Ia kemudian menerbitkan buku puisinya yang pertama berjudul Aceldama..
Tidak diragukan lagi Aleister Crowley adalah seorang “GURU” utama musik rock. Misi Crowley dalam hidupnya adalah menghancurkan Jesus Kristus dan Kristen, sementara mengagungkan perbuatan seks tidak wajar, obat bius, sihir dan Setan.
Aleister Crowley%2C Golden Dawn
Pengaruh berbagai agama dan kebudayaan menjadi dasar agama baru Crowley. Ketika bulan madunya bersama Rose Edith Kelly di Mesir 1904, mereka mengalami berbagai macam pengalaman spiritual, dan akhirnya pada tanggal 8, 9 dan 10 April tahun 1904, persis jam 12 hingga jam 1 selama tiga hari itu, Crowley mendengar suara dari entitas bernama Aiwass, yang mendikte kepada dia tulisan yang sekarang ini dikenal sebagai Liber AL vel Legis, yang juga umumnya dikenal dengan nama The Book of The Law alias Kitab Hukum. Kitab ini jugalah yang menjadi intisari berbagai tulisan tentang Thelema yang nanti-nanti akan ditulis oleh Aleister Crowley sejak saat itu. Dengan kitab ini, diproklamirkan bahwa kita sudah memasuki sebuah jaman baru, dimana hukum dari aliran agama lama dianggap nggak berlaku lagi, dan ada hukum baru yang melandasi setiap orang di dunia ini untuk memperoleh pencapaian puncak spiritualitasnya.
Crowley10
Kemudian pada 1912, Crowley dihubungi oleh Theodor Reuss, kepala dari sebuah organisasi di Jerman yang bernama Ordo Templi Orientis (yang artinya Ordo Kuil/Biara Timur). Kelompok Freemason ini mengklaim memiliki kunci rahasia dari magick praktis tingkat tinggi, yang melibatkan unsur seksual, yang diajarkan di tingkatan tertingginya. Reuss menganggap Crowley menyebarkan metode rahasia itu, dan setelah menjelaskan bahwa metode yang diajarkannya dalam A. A. A. dan O.T.O. hanyalah kebetulan semata, akhirnya Crowley setuju untuk diinisiasi sebagai anggota kehormatan. dan dipercayakan untuk memimpin ordo tersebut di wilayah Britania, dan pada akhirnya mengambil kepemimpinan O.T.O. pada 1922. Selama di ordo, Crowley memodifikasi dan mengubah banyak hal serta banyak membuat ritual baru terkait dengan ordo untuk mengikuti Hukum Thelema, dan menggunakan ordo tersebut sebagai kendaraan untuk memperkenalkan Thelema kepada dunia. O.T.O. secara lepas masih memiliki struktur dan pola yang sama dengan Freemasonry pada umumnya, namun dengan Thelema sebagai pusatnya, telah cukup berbeda dari organisasi Freemasonry, di antaranya inisiasi perempuan ke dalam keanggotaannya.Aleister Crowley%2C Yoga
Selama tahun-tahun ke depan setelah ini, ia mendapat banyak pengikut yang datang dan pergi, dan banyak juga yang mengutukinya, serta mencemarkan nama baiknya, dan, walaupun ia dapat menuntut balik di pengadilan, ia tidak melakukannya, kecuali di masa-masa akhir hidupnya dimana ia mulai kehabisan uang untuk mempublikasikan karyanya, yang toh akhirnya kalah juga kasusnya.
Aleister Crowley pada masa-masa senja hidupnya menepi dari keramaian ke Netherwood, sebuah rumah singgah di Hastings, Sussex, Inggris, sampai ia meninggal di sana pada tanggal 1 Desember 1947.
Sepeninggal Crowley, pesan yang disampaikannya tetap hidup dan banyak yang memperkenalkan ajaran Crowley melalui lagu-lagu Rock and roll dari puisi-pusi erotisnya. Diantaranya musisi The Beatles, memajang wajah Crowley pada cover album Sgt. Peper. Musisi lainnya yang mempopulerkan ajaran Crowley diantaranya  Rolling Stone, Led Zeppelin, The Doors, Ozzy Osbourne, dan banyak lagi. Mereka mengagungkan free sex dan free drugs.
Sgt PeppersAleister Crowley, Old And With Pipe
Nah.. setelah membaca siapa Crowley, apakah ini sebuah kebetulan semata Gru yang menyerupai Crowley? Saya yakin bukan sebuah kebetulan, dan ada misi terselubung penulis Despicable Me membuat karakter Gru sebagai figur Aleister Crowley. Berbahayakah seorang Crowley dalam bentuk Gru di film ini? Yang memang diawal diakui sebagai penjahat, kemudian menjadi ayah yang baik serta menjadi seorang pahlawan dalam Despicable Me 2. Karena sebenarnya, tujuan akhir dari skenario illuminati dan freemason adalah menjadikan mereka sebagai pahlawan. Pahlawan menuju dunia yang mereka inginkan.

0 comments: