Monday, October 8, 2012

kenapa batere hp melembung & tips nya

Siapapun yang mempunyai HP, pasti pernah dong mengalami Baterai Ponsel Gembung? Jika ya, tahukan anda alasannya kenapa bisa terjadi seperti ini?




Bahkan Banyak pula orang yang beranggapan kalau hal ini jika dibiarkan terus berlanjut maka akan terjadi ledakkan. Menurut saya, walaupun kemungkinannya tetap ada, tapi itu sangat kecil. Yang pasti baterai ponsel menggelembung berarti kinerjanya sudah sangat menurun sekali. Tidak heran jika baterai sudah menggelembung maka ponsel anda tidak akan bertahan lama digunakan setelah dicharger.

Hal ini terjadi karena sel Keringnya sudah rusak. Lalu kenapa Sel kering baterai bisa rusak? Beberapa hal yang menyebabkan ini terjadi adalah:
  1. Rangkaian hubungan singkat (Konslet) didalam baterai sehingga menyebabkan baterai cepat drop.
  2. Overcharge atau baterai yang sudah penuh tapi tetap saja dicharger atau dipaksa diisi
  3. Rangkaian pengaturan proses baterai tidak bekerja baik.
  4. Baterai di charger terlalu sering, seharusnya ponsel dicharger jika baterai memang sudah lowbat
  5. Menyalakan ponsel saat sedang dicharger.
  6. Kualitas baterai yang tidak bagus juga bisa menyebabkan terjadinya Baterai Ponsel Gembung.
Lalu bagaimana cara mencegahnya? Anda lakukan saja kebalikkan dari 6 hal di atas.

 
Beberapa tips dari kami untuk memperpanjang umur baterai

Proses inisialisasi.
Proses ini harus dilakukan pada baterai yang masih baru, sebelum dipakai untuk
pertama kalinya. Untuk baterai berbasis Nikel (NiMH) harus di-charge 16 jam, sedangkan   untuk baterai Lithium (Li-on) sekitar 5 sampai 6 jam.  Abaikan jika ponsel memberitahukan bahwa baterai sudah penuh, karena petunjuk tadi tidak akurat sebelum baterai di inisialisasi.

Jaga suhu baterai ponsel Anda.
Baterai ponsel akan awet jika tersimpan pada suhu kamar. Hindarkan ponsel tertinggal di dashbor mobil yang panas, sinar matahari langsung, terkena hujan, ataupun lembab. untuk mengoptimalkan durasi pemakaian baterai.

Cobalah untuk matikan ponsel pada saat Anda sedang tidak perlu memakainya. Misalnya malam hari saat tidur, juga pada saat kita ada di daerah yang signalnya lemah. Pencarian signal koneksi di area lemah signal akan menguras energi baterai anda. Lalu non aktifkan fungsi-fungsi dan fitur yang kurang diperlukan. 

0 comments: